Tips n trick merawat baterai laptop

Posted by Nanz404 on Rabu, 02 Juli 2014

Tips n trick merawat baterai laptop-. Baterai laptop seringkali dianggap remeh dan seringkali tidak kita perhatikan ketika sedang bermain dengan laptop. Memang sepele, namun kalau sudah rusak, akibatnya bisa fatal. Berikut saya akan menjelaskan akibat bateri laptop rusak dan tips n trik merawatnya.


Akibat baterai laptop rusak

Baterai mudah lowbat
Mungkin kita mengira baterai yang mudah lowbat merupakan faktor dari sananya. Atau bisa dibilang faktor bawaan dari pabrik. Memang benar, ada baterai yang dari pabrik sudah berdaya kecil atau mudah lowbat. Namun, ada juga baterai laptop yang mudah lowbat karena kecerobohan dalam merawat baterai.

Laptop tidak bisa menyala
Nah nah, ini yang sering kita adalah masalah laptop tidak bisa menyala, karena processor, motherboard dsb, yang rusak. SALAH. Tidak selalu karena masalah tersebut. Saya sendiri pernah mengalaminya, laptop saya mati total. Dan ketika saya lepas baterainya, lalu langsung saya nyalakan tanpa baterai (langsung menggunakan adapter), hasilnya memuaskan. Laptop saya menyala lagi.

Baterai tidak dapat berfungsi lagi
Wah wah, ini dampak terparahnya. Memang tidak beda jauh efeknya dengan laptop tidak bisa menyala. Namun, yang satu ini, bila kita pasang baterainya, laptop tetap bisa menyala. Tapi, baterai sudah tidak bisa berfungsi, alias sama saja seperti menggunakan laptop tanpa baterai.

Itu dia akibat bila baterai laptop rusak, kini saya akan menjelaskan bagaimana cara merawat baterai.


Jangan terlalu lama menggunakan laptop dengan baterai terpasang
Ketika baterai laptop sudah penuh, segera cabut. Hal tersebut dapat menyebabkan baterai laptop mudah bocor.

Segera isi daya baterai ketika sudah lowbat
Efeknya sama dengan di atas, ketika baterai yang lowbat tidak segera di isi dayanya, baterai tersebut juga mudah bocor dan rusak.

Disarankan tidak menggunakan baterai ketika ingin menggunakan laptop dalam jangka waktu lama
Mengapa? tentu saja karena bila terlalu lama menggunakan laptop dalam keadaan baterai terpasang , baterai mudah bocor. Namun, ketika dalam keadaan tanpa baterai, kita juga harus hati hati dan memperhatikan faktor berikut:

  1. Pastikan tegangan listrik di rumah anda stabil dan tidak terlalu tinggi
  2. Pastikan listrik dirumah anda tidak sering mati
  3. Pastikan ketika ingin mencabut charger, lihat dulu laptop masih dalam keadaan menyala atau sudah mati

Sekian dulu artikel saya tentang Tips n trick merawat baterai laptop, sekian dan semoga bermanfaat.

Blog, Updated at: 19.54

0 komentar:

Posting Komentar